MODELING KARAKTER MIKE MONSTER UNIVERSITY BLENDER 3D (TUTORIAL TEKS)
Selamat Pagi Sahabat Blogger, Kali ini Saya Akan membagi tutorial Modeling karakter Mike Monster University (tutorial TEKS) menggunakan software blender 3d tutorial ini saya dapatkan dari Guru Besar Saya Yang Mengajari Saya bagaimana cara menggunakan Software blender dengan mudah dia adalah mas Dody Animation untuk sobat blogger yang ingin melihat tutorial aslinya silakan klik di sini Ok Langsung aja Ya sob..
Pada bagian sebelumnya saya sudah memposting video tutorial membuat karakter Mike juga. dan bila dilihat dari grafik pengunjung saya menyimpulkan banyak pengunjung website DodyAnimation ini yang suka dengan tutorial modeling karakter.
Media tutorial berbentuk video menurut saya sangat jelas dan enak digunakan untuk belajar software. Karena disana kita bisa melihat langsung prosesnya seperti kita berada dekat dengan instruktur/tutor. Suara dan video adalah dua faktor teknis yang saling menunjang untuk tersampaikannya materi dengan jelas. Namun bukan berarti video tutorial juga tidak memiliki kekurangan, terutama bila diakses melalui jaringan internet. Banyak diantara teman-teman yang mengeluhkan koneksi yang jelek, dan akhirnya mengurungkan niatnya untuk melihat video tutorial. Hal ini juga menjadi perhatian saya kedepannya. Kedepan setiap video tutorial akan saya dampingi dengan media tutorial teks atau PDF yang juga bisa digunakan untuk sarana belajar. Nah dalam kaitannya dengan itu kali ini saya memposting lagi tutorial modeling Mike dalam bentuk teks tutorial. dan Semoga tutorial teks ini bisa membantu teman-teman yang tidak memiliki koneksi yang baik untuk melihat video tutorial.
Oke, langsung saja saya mulai tutorial modeling Mike monster university yang dibuat dengan menggunakan sofgtware blender.
catatan. Didalam tutorial teks ini saya hanya menjelaskan pokok-pokok teknik modeling saja. tidak ada keterangan detail tentang tools yang saya gunakan, atau keyboard shortcut. Karena saya anggap teman-teman sudah menguasai dasar penggunaan software Blender. Bila belum menguasai dasar-dsarnya maka saya sarankan untuk melihat tutorial berikut ini dulu.
1. Disini saya menggunakan software Blender versi 2.6xx
2. Buka software Blender
3. Gunakan objek kotak yang sudah ada. masuk ke edit mode dan bagi objek menjadi 2 sub division. gunakan W > subdivision.

4. Buat objek menjadi bundar dengan cara klik W > smooth, dan atur nilai smooth menjadi 4 pada kolom tools (T)


5. Nah ini hasilnya

6. Berikan modifikasi Sub division surface untuk memperhalus bentuk

7. Atur nilai view dan render yang ada di modifikasi sub division surface menajadi 2

8. Potong bagian tengah dengan menggunakan tool cut loop (ctrl+R)

9. Begitu juga pada sisi yang lainnya. lalu atur agar bentuknya menjadi lebih bundar

10. Delete sebagian objek. Disini saya mendelete bagian sisi kanan. gunakan fiew tampak depan lurus (front ortho)

11. Nah ini bentuknya bila sudah didelete sebagian

12. Berikan modifikasi miror untuk membuatnya kembali utuh. Jangan lupa letekkan modifikasi miror diatas modifikasi sub surf

13. Aktifkan seleksi face, seleksi 4 buah face disamping untuk kita gunakan sebagai bakal tangan.

14. Lalu extrude (E) dan scale (S) untuk mengecilkan bentuk seperti pada gambar. lalu atur supaya bentuknya menjadi melingkar (bukan kotak)

15. Kembali seleksi 4 buah face tadi, dan

16. Extrude beberapa kali untuk kita jadikan sebagai tangan

17. Potong-potong/cut loop sesuai kebutuhan, dan atur posisi masing-masing edge

18. Dan inilah bentuk lengan tangan yang sudah selesai

19. Kita akan gunakan gambar acuan untuk membantu kita dalam proses pembuatan model. gunakan jendela outliner untuk kita gunakan sebagai jedela uv image editor

20. Gunakan gambar acuan yang jelas, atau bisa downlod disini

21. Nyalakan proportional editing (O)

22. Oh iya aktifkan juga mode cliping yang ada di modifikasi miror

23. Atur bentuk kepala agar tidak bundar 100%, tapi agak oval. atur nilai porportional editing agar sesuai keinginan dengan cara di scrool (mouse)

24. Nah sekarang kita buat tempat bola mata. Potong face dengan menggunakan Knife tool (K)

25. Dan seleksi face

26. Extrude dan scale untuk membuat seperti pada gambar berikut

27. Extrude kedalam untuk membuat sebagai tempat bola mata

28. Oke sekarang kita akan membuat objek uv sphere yang akan kita gunakan untuk bola matanya, sekaligus untuk menjadi pedoman pembuatan kelopak mata

29. Tempatkan objek uv sphere tepat pada lubang mata yang sudah kita buat tadi

30. Tambahkan segment untuk memperdetail bentuk mata

31. Nah ini hasilnya kalo sudh kita perdetail

32. Tampak depan mata

33. Sekarang kita akan membuat mulutnya. Aktifkan seleksi face untuk tempat mulut

34. Lalu extrude dan scale sehingga kita dapatkan bentuk seperti pada gambar

35. Extrude kedalam

36. Atur bentuk mulut agar menjadi lebih baik. pada tahap ini diperlukan ketelitian, ketelatenan dan kesabaran anda.

37. Atur terus bentuk mulut

38. Oke bentuk mulut sudah jadi

39. Sekarang kita buat kaki. Aktifkan dua buah face yang ada di bawah

40. Lalu extrude dan scale

41. Extrude lagi untuk mendapatkan bentuk kaki yang panjang

42. Sekarang kita buat telapak kaki

43. Extrude dan atur posisi vertex agar menjadi baik

44. Oke telapak kaki sudah jadi

45. Seleksi seluruh face telapak kaki, lalu nyalakan proportional editing (O), dan rotasi di sumbu z untuk membuat telapak kaki agak berputar (terbuka)

46. Sekarang kita buat telapak tangan. extrude face tangan

47. Extrude lagi, dan mulailah mengextude tiap jari

48. Untuk model jadi ini saya hanya membuatnya dengan bentuk yang sangat sederhana. saya tidak mau terlalu kompleks sehingga membingungkan pengguna awam. Namun bagi teman-teman yang sudah mulai menguasai tools modeling, silahkan diperdetail

49. Bentuk jari tampak atas

50. Sekarakng kita buat jadi jempol. lebih budah kalo dilihat dari tampak atas

51. Dan jari jempol sudah jadi

52. Dengan selesainya modeling jempol tadi berarti kita sudah selesai membuat modeling tangan

53. Sekarang kita buat tanduk. Tanduk sangat mudah sekali. Cukup kita seleksi dua buah face yang ada di kepala, dan extrude

54. Extrude dan scale, kemudian di rotasi

55. Ah mudah sekali untuk membuat bentuk tanduk

56. Untuk bentuk gigi saya menggunakan sebuah objek plane yang saya extrude

57. Bentuk gigi juga sangat sederhana. Cukup di extrude dan cut loop saja. Scale untuk mengatur ukurannya

58. Duplikat gigi yang sudah jadi, lalu skala dan rotasi untuk menempatkan pada posisinya
59. Yap dan akhirnya bola mata. Gunakan bentuk UV Sphere yang sudah ada

61. kemudian seleksi face ini

62. Lalu tarik kebelakang.

63. Dan model Mike sudah jadi�

Catatan. Untuk keterangan tahapan yang lebih jelas dan detail anda bisa melihat langsung pada video tutorial.
Nah kalo teman-teman sudah selesai membuat modelnya, tahap berikutnya kita bisa teruskan untuk mewarnai objek mike, kemudian memberikan tulang, lalu membuat ekspresi wajah (shape key), kemudian rigging wajah dengan drivers.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar